Ilmu Keperawatan

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 Agustus 2013 , oleh angga

Pelaksanaan penjaminan mutu secara sistemik dan terstruktur di Universitas Brawijaya telah dikembangkan dengan adanya Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Brawijaya.

Metode yang digunakan dalam SPMI ialah modifikasi antara borang BAN-PT, ISO 9001:2008, dan Pelayanan Prima KemenPAN. Pelaksanaan SPMI di tingkat Universitas Brawijaya dilakukan oleh Pusat Jaminan Mutu (PJM), sedangkan di tingkat Fakultas dilakukan oleh Gugus Jaminan Mutu (GJM) dan ditingkat Jurusan/Program Studi dilakukan oleh Unit Jaminan Mutu (UJM).

Organisasi Penjaminan Mutu jurusan Keperawatan FKUB adalah :

organisasi GJM PSIK

Tugas pokok dan fungsi

 Tugas pokok dan fungsi dari setiap komponen dalam struktur organisasi dijabarkan dalam SK Dekan 005/SK/J10.1.17/KP/2009.

Ketua Jurusan:

  1. Menyusun kebijakan untuk mencapai visi Jurusan Keperawatan
  2. Menyusun rencana strategis, operasional dan program kerja tahunan Jurusan Keperawatan sebagai pedoman kerja
  3. Penanggung jawab seluruh kegiatan operasional Jurusan Keperawatan
  4. Bertanggung jawab kepada Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya terhadap keseluruhan kegiatan operasional Jurusan Keperawatan
  5. Membina kinerja seluruh staf dosen dan karyawan dalam lingkungan Jurusan Keperawatan
  6. Merintis dan mengembangkan kerjasama bidang keperawatan di lingkungan Universitas Brawijaya maupun luar Universitas Brawijaya baik di dalam maupun luar negeri
  7. Mengembangkan program jejaring dengan rumah sakit jejaring

Unit Jaminan Mutu

  1. Melaksanakan koordinasi, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh staf UJM Jurusan Keperawatan
  2. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas UJM Jurusan Keperawatan dan melaporkannya kepada Ketua Jurusan Keperawatan.

Sekretaris Jurusan:

  1. Mengkoordinasikan kegiatan operasional antara lain kesekretatian, administrasi akademik, administrasi profesi, sarana dan prasarana pendidikan, kepegawaian, keuangan, kemahasiswaan, dan ventura.
  2. Memberikan masukan kepada Ketua Jurusan baik diminta maupun tidak
  3. Melakukan koordinasi dengan oordinator-koordinator yang ada di tingkat Jurusan Keperawatan
  4. Bertanggung jawab dan melaporkan hasilnya kepada Ketua Jurusan

Tim Kurikulum

  1. Menyusun dan mengembangkan struktur kurikulum akademik dan profesi dalam Jurusan Keperawatan
  2. Mengevalusi kurikulum akademik dan profesi yang telah diterapkan setiap lima tahun sekali
  3. Menyusun tujuan pembelajaran masing-masing mata kuliah
  4. Menyusun isi masing-masing mata kuliah
  5. Menyusun metode pembelajaran dan waktu yang dibutuhkan masing-masing mata kuliah
  6. Melakukan koordinasi dengan oordinator akademik tentang penerapan kurikulum dalam perkuliahan tiap semester

Tim Pendidikan Akademik

  1. Menyiapkan penerimaan mahasiswa baru
  2. Melakukan organisasi dengan oordinator tim kurikulum tentang penerapan kurikulum dalam tiap semester
  3. Merencanakan dan melaksanakan pendidikan akademik sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan
  4. Bekerjasama dengan sekretaris jurusan untuk mempersiapkan kebutuhan administrasi dan sarana/prasarana yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan akademik
  5. Berkoordinasi dengan seluruh ketua departemen di lingkungan Jurusan Keperawatan  untuk menyusun jadwal, sarana dan prasarana penggunaan skills lab
  6. Berkoordinasi dengan seluruh ketua departemen di lingkungan Jurusan Keperawatan untuk menyusun jadwal perkuliahan
  7. Memonitor dan mengevaluasi kegiatan pendidikan akademik
  8. Menyiapkan evaluasi tahunan mahasiswa

Tim Pendidikan Profesi

  1. Berkoordinasi dengan ketua departemen tentang persiapan dan pelaksanaan profesi
  2. Bekerjasama dengan sekretaris jurusan untuk mempersiapkan kebutuhan administrasi dan sarana/prasarana pelaksanaan kegiatan pendidikan profesi
  3. Mengkoordinasikan, memonitor dan menjaga kelancaran seluruh kegiatan pendidikan profesi bekerjasama dengan ketua departemen
  4. Menyiapkan pra yudisium dan yudisium Ners
  5. Menyiapkan sumpah Ners
  6. Menyiapkan wisuda dan pelepasan mahasiswa
  7. Bertanggung jawab dan melaporkan hasil kerjanya dengan Ketua Jurusan

Ketua Departemen

  1. Berkoordinasi dengan tim kurikulum dan oordinator akademik untuk mempersiapkan perkuliahan di tahap akademik
  2. Bekerjasama dengan tim kurikulum dan oordinator profesi untuk mempersiapkan pelaksanaan pendidikan di tahap profesi Ners
  3. Berkoordinasi dengan tim kurikulum dan oordinator akademik untuk mempersiapkan perkuliahan pada kelas alih program
  4. Menyusun kegiatan pengembangan departemen melalui penelitian, pelatihan dan pendidikan berkelanjutan
  5. Bertanggung jawab dan melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua Jurusan