Ilmu Keperawatan

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 Agustus 2013 , oleh angga

Pusat Jaminan Mutu (PJM) juga memfasilitasi  pelatihan dan konsultasi.Pusat Jaminan Mutu (PJM) telah melakukan audit terhadap Fakultas dan Program Studi di FKUB sebanyak 11 kali dengan hasil sangat baik. Pelaksanaan audit oleh PJM dilakukan 2 kali setahun. Di dalam kaitan dengan pengembangan SPMI Universitas Brawijaya ini, telah disusun 3 (tiga) buku SPMI Universitas Brawijaya, ialah: Manual Mutu, Standar Mutu dan Borang Kinerja Universitas Brawijaya telah dievaluasi secara eksternal dengan berhasilnya institusi Universitas Brawijaya memperoleh akreditasi A (Sangat Baik) dari BAN-PT dan telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 serta telah mendapatkan penghargaan terbaik sebagai institusi pendidikan dengan Pelayanan Prima.

Jurusan Keperawatan telah memiliki Unit Jaminan Mutu (UJM) sejak tahun 2008 yang bertugas :

  • Melaksanakan koordinasi, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh sivitas akademikan di Jurusan Keperawatan
  • Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas unit jaminan mutu jurusan keperawatan dan melaporkannya kepada ketua jurusan keperawatan
  • Saat ini UJM  telah memiliki Manual Mutu, Standar Mutu, Manual Prosedur 42 buah dan Instruksi Kerja serta sudah didokumentasikan.

Laporan akhir audit internal didokumentasikan dan umpan balik dari hasil audit digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan tindakan pencegahan danperbaikan. Prosedur pelaksanaan audit internal mengacu pada Manual Prosedur (MP) audit InternalMutu Universitas Brawijaya (00000 05021)dan MP audit Internal Jurusan (00802 06004).

Dalam audit internal mutu tahun akademik 2010/2011 FKUB mendapat peringkat II dari seluruh Fakultas yang ada di Universitas Brawijaya, sedangkan di tingkat jurusan dari seluruh jurusan yang ada di Universitas Brawijaya dalam audit internal mutu tahun akademik 2010/2011 Juara III diraih oleh Jurusan Keperawatan. Hal ini diumumkan pada saat penyusunan Program Kerja Universitas tahun 2011-2012.