Ilmu Keperawatan

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 29 September 2020 , oleh admin keperawatan , pada kategori Agenda Kegiatan, Berita
Ketua Jurusan Keperawatan Membuka Acara
Ketua Jurusan Keperawatan Membuka Acara

Berbicara terkait penelitian, dalam dunia keperawatan penelitian merupakan salah satu aktivitas vital sebagai dasar dalam mengembangkan asuhan yang efektif. Penulisan karya Ilmiah menjadi suatu proses dari pemikiran ilmiah dan proses dalam penelitian yang harus memenuhi kaidah keilmuan. Penulisan ilmiah dapat meningkatkan evidence based practice dalam pengembangan ilmu keperawatan khususnya intervensi keperawatan. Permasalahan yang sering dihadapi oleh Perawat baik pendidik maupun praktisi adalah bagaimana dalam menemukan ide penelitian yang akan mereka angkat, yang dianggap sulit.

Menjawab fenomena tersebut dan sebagai wujud kepedulian serta komitmen Alumni terhadap kemajuan almamater, bekerjasama dengan Program Studi Magister Keperawatan (PSMK) Jurusan Keperawatan FKUB menyelenggarakan Seminar Online Series, yang bertajuk Nursing Caring & Sharing Season 2, yang direncanakan akan digelar sebanyak empat kali.

Minggu (27/09/2020), Seminar #Series1 dengan mengusung tema utama “Strategi Memilih dan Mengembangkan Topik Penelitian Keperawatan”, sukses digelar dengan 1964 pendaftar masuk. Antusias yang sangat luar biasa dapat dilihat dari peserta seminar dari berbagai latar belakang, baik Perawat praktisi, Pendidik, Mahasiswa aktif maupun alumni PSMK itu sendiri.

Pembukaan Seri Pertama oleh Ketua Program Studi Magister Keperawatan
Pembukaan Seri Pertama oleh Ketua Program Studi Magister Keperawatan

Pada seri pertama ini, dibuka oleh Ketua Program Studi Magister Keperawatan, Bapak Dr. Kuswantoro Rusca Putra, S.Kp., M.Kep., dan Ketua Jurusan Keperawatan FKUB, Dr. Asti Melani Astari, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat., yang memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada alumni yang selalu terlibat nyata dalam pengembangan institusi dan profesi. Lima Pemateri hadir, dibuka oleh pemateri pertama yang berbicara terkait “Strategi Memilih Topik Penelitian Keperawatan” secara umum disampaikan langsung oleh dosen aktif PSMK, Dr. Ns. Heni Dwi Windarwati, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J.

Antusiasme Peserta Seminar
Antusiasme Peserta Seminar

Sementara itu pemateri kedua-kelima, Para Alumni PSMK berbagi pengalaman bagaimana dalam menentukan ide penelitian selama menjalani studi, dengan beberapa topik issue terbaru dan unik. Topik penelitian pertama yang sangat menarik berbicara terkait “Kegawatdaruratan Medis dalam Penerbangan” oleh Ns. Nur Hafizhah Widyaningtyas, S.Kep., M.Kep., Alumni PSMK 2016 sekaligus dosen aktif di Universitas Diponegoro. Topik penelitian kedua berbicara terkait “Perawatan Anak dengan Retardasi Mental”, oleh Ns. Angela Alfonsin Maria Lusia Laka, S.Kep., M.Kep., Alumni PSMK 2018 sekaligus dosen aktif di Universitas Katolik De La Salle Manado. Topik penelitian ketiga berbicara terkait “Kepuasan Pasien BPJS dalam Perawatan Kegawatdaruratan”, oleh Ns. Dian Rahmadin Akbar, S.Kep., M.Kep., Alumni PSMK 2016 sekaligus Dosen Aktif di Universitas Jember. Topik terakhir ditutup dengan topik yang cukup kontroversial yakni “Keluarga dengan Transgender” yang disampaikan oleh Ns. Kurnia Laksana, S.Kep., M,Kep, Alumni PSMK 2017 sekaligus dosen aktif di Stikes Maharani Malang, yang mengundang banyak pertanyaan.

“Kegawatdaruratan Medis dalam Penerbangan” oleh Ns. Nur Hafizhah Widyaningtyas, S.Kep., M.Kep., Alumni PSMK 2016
“Kegawatdaruratan Medis dalam Penerbangan” oleh Ns. Nur Hafizhah Widyaningtyas, S.Kep., M.Kep., Alumni PSMK 2016

Dr. Kuswantoro berterima kasih untuk sharing pengalaman yang luar biasa dan antusiasnya baik pemateri maupun peserta untuk seri pertama ini. “Kami sebagai pengelola berterima kasih kepada bapak/ibu yang terlihat sangat antusias dan bersemangat sekali selama acara. Kami berharap alumni senantiasa berkonstribusi aktif terutama untuk perbaikan institusi ini agar semakin maju. Jangan lupa bapak/ibu peserta ditunggu untuk seri-seri selanjutnya”, imbuh laki-laki dengan Keahlian Manajemen Keperawatan ini. Seri kedua direncanakan akan diadakan 10 Oktober mendatang (Akhi/staff keperawatan).