Nursing Undergraduate Degree Program

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Written on 30 October 2017 , by admin keperawatan , in category Announcements, News

KUNJUNGAN KERJA SAMA JURUSAN KEPERAWATAN FKUB KE St. PAUL UNIVERSITY MANILA

Pada tanggal 13-14 September 2017, Jurusan Keperawatan FKUB mengadakan kunjungan ke Filipina, yakni ke St. Paul University Manila dan Far East University Manila. Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka menjalankan program kerja sama antara Jurusan Keperawatan FKUB dan dua universitas di Manila Filipina. Kerja sama tersebut dilaksanakan dalam rangka (1) pengembangan kurikulum hybrid untuk program S1-Ners dan BCN, kunjungan rumah sakit, dan benchmarking lab skill (2) research partnership. Delegasi Jurusan Keperawatan FKUB yang dikirim adalah Dekan FKUB (Dr. dr. Sri Andarini, M.Kes), Perwakilan Program Studi S1 Keperawatan (Dr. Asti Melani Astari, S.Kp., M.Kep., Sp.Kep.Mat dan Ns. Dewi Kartikawati, S.Kep, MPH), Perwakilan Program Studi S2 Keperawatan (Dr. Titin Andri Wihastuti, M.Kes dan Ns. Septi Dewi R., S.Kep., MNg), dan Perwakilan Kerja Sama (Ns. Ahmad Hasyim W., M.Kep, MN).

Proses Penandatanganan Kerja Sama di St. Paul University

“St. Paul University dipilih karena merupakan salah satu Sisters’ Based University dengan world rank di atas 10.000 dan Amerika Serikat telah mengakui kurikulum BSN di universitas tersebut. Rata-rata kelulusan NCLEX di St. Paul University adalah 100% dan NCLEX dapat diikuti di Filipina, sehingga ke depannya kita ingin mengirim mahasiswa kita ke sana untuk program double degree” kata Dr. Asti Melani Astari, S.Kp., M.Kep., Sp.Kep.Mat. selaku perwakilan jurusan yang berangkat ke Filipina.

Hasil kerja sama tersebut meliputi penandatanganan program kurikulum hybrid double degree S1-Ners-BCN Indonesia-Filipina. Target dari kurikulum hybrid ini adalah pengiriman mahasiswa UB ke Filipina yang diharapkan bisa lulus dengan double degree (S.Kep, Ns., BCN) yang bisa mengikuti dan lulus ujian internasional perawat (NCLEX) sehingga mahasiswa yang bersangkutan bisa menjadi perawat teregisterasi internasional (Registered Nurse/RN). Tindak lanjut dari penandatangan ini adalah pemetaan kurikulum di Jurusan Keperawatan FKUB yang harapannya bisa disesuaikan dengan kurikulum di Filipina (dan sebaliknya) serta proses legalisasi dari pemetaan kurikulum tersebut.

Hasil kerja sama berikutnya adalah kunjungan ke St. Paul University Manila dan Far East University Manila untuk benchmarking lab skill yang rencananya akan diterapkan di Kampus UB 2 di Dieng (rencana Fakultas Keperawatan UB). Rencana lab skill yang akan dibangun diadopsi dari yang ada di Filipina, yakni terdapat locker, theater room, storage room, maternity unit, surgery unit, emergency unit, ICU, medical surgical ward, geriatric unit, isolation room, dan nurse’s lounge.

Untuk hasil kunjungan ke dua RS sangatlah berbeda dalam hal management pengelolaan pasien dan tata kelola RS. Philippines General Hospital digunakan praktek mahasiswa S1 sedangkan St. Luke’s Medical Center menjadi salah satu tempat praktek mahasiswa S2.

Untuk hasil kerja sama Research Partnership meliputi: (1) Pengembangan collaborative research di bidang disaster preparedness, environmental health nursing, dan flight attendants qualitative study (2) Reviewers exchange (3) Speakership exchange, yakni menjadi invited speaker di acara ICON, FICL, dan Music therapy & Complementary therapy forum (4) Join thesis supervisor in psychotherapy area.

Evaluasi dilakukan oleh tim dan dilaporkan kepada jurusan. Evaluasi dilakukan berdasarkan tahapan proses pelaksanaan project. Surat tugas tim diperbaharui setiap 6 bulan sekali dengan memperhatikan kinerja masing-masing individu.

(Elvira/FKUB)