Nursing Undergraduate Degree Program

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Written on 20 December 2019 , by admin keperawatan , in category Activities, News

Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya ingin mengembangkan prodi spesialisnya tahun depan, yaitu prodi Spesialis Keperawatan Jiwa dan Spesialis Kepera-watan Komunitas. Menuju itu, ada visitasi dari kolegium Pengurus Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pusat dan daerah ke jurusan Keperawatan di kampus 2 UB, Selasa (10/12/2019).

“Jurusan Keperawatan selain ingin mengembangkan ke atas juga ke samping yaitu spesialisnya,” jelas Dr. Ahsan, S.Kp, M.Kes, Kajur Keperawatan FK UB pada wartawan di sela visitasi.

Hal ini sesuai tuntutan profesi dan masyarakat. Dari visitasi ini diharapkan nanti ada rekom kolegium dan akan diajukan ke Kemendikbud untuk dua spesialis yang rencana akan dibuka pada 2020. Jurusan Keperawatan FKUB sudah berdiri sekitar 20 tahun.

Prodi spesialis ini nanti bisa mengakomodir output dari program magister. “Kami sudah menyiapkan sejak 2 tahun lalu. Termasuk sarana prasarana, dosen, lab,” kata Ahsan.

Untuk syarat SDM harus ada lima doktor di bidang keperawatan dan kesehatan.

Gedung Keperawatan di kampus 2 Universitas Brawijaya (Kampus Dieng)
Gedung Keperawatan di kampus 2 Universitas Brawijaya (Kampus Dieng)

Untuk lab, disiapkan dua gedung yaitu di kampus 2 dan kampus utama. Sedang Dr. Ns. Heni Dwi Windarwati, MKep, Sp Kep J, staf pengajar Departemen Keperawatan Jiwa UB menyatakan prodi Spesialis Keperawatan Jiwa hanya ada di UI. Untuk spesialis perlu waktu satu tahun atau dua semester sebagaimana di UI. Namun nanti di UB akan diberi kekhasan, seperti pada kekerasan (abuse), kecanduan dan pasung. Heni yang juga anggota tim teknis pasung Dinkes Jatim ini menyatakan korban pasung cukup banyak. Di Jatim ada 3000 an. Tapi sekarang tinggal 600 an. Yang dipasung adalah usia produktif. Penyebabnya karena pelayanan belum optimal, sering kambuh dll. Untuk menemukan korban pasung kadang susah karena disembunyikan keluarganya. (Surya/Sylvianita/Tribun Jatim)