Ilmu Keperawatan

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 25 November 2018 , oleh admin keperawatan , pada kategori Berita

        Japan Indonesia International Scientific Conference (JIISC) 2018 merupakan acara keilmiahan yang diadakan oleh International Indonesian Scholar Association (I-4) dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Jepang. Tema yang diangkat pada konferensi ini adalah “ Industrial Revolution 4.0 for Smart Society”, yang mana sangat relevan dengan hubungan baik antara Jepang dan Indonesia saat ini. Acara keilmiahan ini di ikuti oleh 150 peserta yang terbagi dalam bidang Life Science, Engineering, dan Social Science baik pada sesi oral presentation maupun poster presentation.     Salah satu mahasiswa Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya, Fatika Maulidyah Yuwanto angkatan 2014 juga ikut berpartisipasi dalam acara ini. Di sela-sela jadwal profesi Ners yang sedang di jalani, Fatika mencoba untuk mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk poster di bidang social science dengan judul “ The Effect of Expressive Art Therapy on Withdrawn Behaviour of Hospitalized Preschooler”. Penelitian ini di bimbing oleh Ns. Rinik Eko Kapti, S.Kep., M.Kep dan Ns. Endah Panca Lydia Fatma, S.Kep., M.Kep.

GAMBAR 1

           Selain sebagai wadah keilmiahan, acara ini juga digunakan sebagai peringatan 60 tahun kerja sama bilateral antara Indonesia dan Jepang. Terdapat dua acara utama pada kegiatan ini yaitu Temu Darat I-4 dan Formind pada tanggal 27 Oktober 2018 dan Conference Day pada tanggal 28 Oktober 2018.

GAMBAR 2-min

Sabtu, 27 Oktober 2018

          Temu Darat I-4 dan Formind merupakan acara diskusi antara panelis dan semua partisipan JIISC 2018 yang bertempat di Suntory Memorial Hall, Osaka University pada tanggal 27 Oktober 2018, pukul 4-5.30 pm. Acara ini di bagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dibawakan oleh Prof. Josaphat Tetuko Sumantyo (Chiba University, Japan) dan Prof. Ketut Wikantika (ITB, Indonesia), dimoderatori oleh Dr. Fenny Dwivany (ITB) dan Dr. Sastia Prama Putri (Osaka University) dengan mengusung topik “Sharing pengalaman kolaborasi Indonesia-Jepang”. Selanjutnya, sesi kedua dibawakan oleh Dr. Yanuar Nugroho (Deputi Kepala Staff Kepresidenan RI), bapak Mochammad Abas Ridwan (Wakil Duta Besar KBRI Tokyo) dan Dr. Alinda Zain (Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo). Kegiatan pada hari ini dilanjutkan dengan Welcome Mixer di Bisyoku Restaurant, Osaka University.

 GAMBAR 3-min

Minggu, 28 Oktober 2018

         Conference Day pada hari ini diselenggarakan di Icho-Kaikan Hall (銀杏会館), Osaka University Suita Campus. Acara di mulai dengan pembukaan dan 3 plenary session, dilanjutkan dengan 2 sesi oral presentation dan 2 sesi poster presentation di bidang Life Science, Social Science, dan Engineering. Setelah semua presentasi selesai dilaksanakan, acara selanjutnya adalah penganugerahan best oral presenter dan penutupan secara resmi JIISC 2018. Acara pada hari ini di tutup sekaligus dengan perayaan “60th Year Commemorative Dinner for Indonesia and Japanese Scholars” oleh Kedutaan Besar Indonesia, Tokyo di Famille Restaurant, Osaka Univesity (Fatika/Nurona Staff Keperawatan).